Mahasiswa Sistem Informasi dan PGSD Ciptakan Papan Permainan AR Edukatif Bertema Sejarah Kerajaan Nusantara

Inovasi mahasiswa kembali mendapat apresiasi dari pemerintah. DINASTI, sebuah papan permainan edukatif bertema sejarah kerajaan Nusantara, berhasil meraih pendanaan dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan. Prestasi ini tidak hanya menjadi bukti kreativitas tim mahasiswa, tetapi juga komitmen mereka dalam mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia. Berkat pendanaan ini, DINASTI mampu mengembangkan lebih jauh inovasi mereka hingga melangkah ke final Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo yang akan diselenggarakan di Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, pada 22-25 Oktober 2024.
DINASTI dikembangkan oleh empat mahasiswa dari dua disiplin ilmu berbeda. Zahra Tsabita Nugroho dan Burhan Hidayatulloh dari Sistem Informasi serta Keysa Melvaneda Zahira Shofa dan Sisilia Widya Diyas Permata dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), bersatu untuk menciptakan sebuah permainan yang tidak hanya kreatif dan inovatif, tetapi juga mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) dan Kurikulum Merdeka. Papan permainan ini dirancang khusus untuk siswa kelas 4 sekolah dasar, menghadirkan kuis interaktif yang memungkinkan siswa belajar sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan.
Tidak hanya inovasi pada konsepnya, DINASTI juga telah berhasil diterapkan secara luas. Hingga saat ini, DINASTI telah bermitra dengan 1 provinsi, 3 kota, lebih dari 10 sekolah, dan telah digunakan oleh lebih dari 300 siswa. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para pendidik dan siswa terhadap metode pembelajaran yang ditawarkan oleh DINASTI.
Permainan ini bisa diakses lebih lanjut melalui media sosial Instagram di @eksplor.dinasti, TikTok di @eksplor_dinasti, dan juga tersedia di Shopee melalui akun eksplor.dinasti.
Dengan berbagai pencapaian ini, DINASTI menjadi salah satu contoh nyata bagaimana kolaborasi antara ilmu pendidikan dan teknologi informasi dapat menghasilkan solusi yang relevan dan inovatif untuk pendidikan Indonesia.