Business Intelligence in Education Research Roadmap (2025–2029)

Business Intelligence (BI) adalah bidang penting dalam teknologi modern yang kini banyak diterapkan dalam pendidikan. Peta jalan penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi BI guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Fase Penelitian

Penelitian ini dibagi menjadi beberapa fase utama: Identifikasi Kebutuhan Data, Pengumpulan Data Empiris, Pengembangan Prototype, Perbaikan dan Optimasi, serta Pengembangan Sistem Terintegrasi, dengan tujuan spesifik untuk setiap tahunnya.

1. Identifikasi Kebutuhan Data dalam Pendidikan & Pengembangan Konseptual Model (2025)

Pada tahun 2025, fokusnya adalah mengidentifikasi kebutuhan data dalam pendidikan dan mengembangkan model konseptual yang relevan.

Tahun 2025:

  • Analisis Data: Melakukan analisis data awal untuk memahami kebutuhan data dalam pendidikan.

  • Systematic Literature Review (SLR): Melakukan tinjauan literatur sistematis untuk mengidentifikasi model-model yang relevan.

  • Pengembangan Model Konseptual: Mengembangkan model konseptual yang dapat diterapkan dalam sektor pendidikan.

2. Pengumpulan Data Empiris & Validasi Model Konseptual (2026)

Pada tahun 2026, penelitian akan fokus pada pengumpulan data empiris dan validasi model konseptual yang telah dikembangkan.

Tahun 2026:

  • Studi Kasus: Melakukan studi kasus di beberapa sekolah/universitas untuk memahami bagaimana data digunakan dalam pengambilan keputusan.

  • Analisis Dampak: Menganalisis dampak awal implementasi BI terhadap kinerja pendidikan.

3. Pengembangan Prototype Sistem BI & Evaluasi Prototype (2027)

Fase ini fokus pada pengembangan dan evaluasi prototipe sistem BI.

Tahun 2027:

  • Pengembangan Prototipe: Merancang dan mengembangkan prototipe sistem BI.

  • Implementasi Awal: Mengimplementasikan prototipe di institusi pendidikan.

  • Pengujian Prototipe: Menguji prototipe dalam lingkungan pendidikan nyata.

  • Evaluasi Efektivitas: Mengevaluasi efektivitas prototipe dalam meningkatkan proses pengambilan keputusan.

4. Perbaikan dan Optimasi Sistem BI (2028)

Tahun 2028 akan difokuskan pada perbaikan dan optimasi sistem BI berdasarkan umpan balik pengguna.

Tahun 2028:

  • Optimasi Sistem BI: Mengoptimalkan sistem BI berdasarkan umpan balik dari pengguna.

  • Persiapan Implementasi: Mempersiapkan implementasi sistem BI ke lebih banyak institusi pendidikan.

5. Pengembangan Sistem BI yang Terintegrasi (2029)

Fase akhir akan fokus pada pengembangan sistem BI yang terintegrasi dengan platform pendidikan lainnya.

Tahun 2029:

  • Pengembangan Sistem Terintegrasi: Mengembangkan sistem BI yang terintegrasi dengan platform pendidikan lainnya.

  • Implementasi Teknologi Terkini: Memanfaatkan teknologi terbaru seperti IoT dan AI untuk meningkatkan kapabilitas sistem BI.

Manfaat dan Dampak Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sektor pendidikan, termasuk:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan teknologi canggih.

  • Menyediakan alat analisis yang lebih baik untuk pendidik dan institusi pendidikan.

  • Mendorong inovasi teknologi dalam pendidikan, membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Mari Dukung Masa Depan Pendidikan Bersama!

Peta jalan penelitian ini adalah langkah awal menuju revolusi pendidikan berbasis data di Indonesia. Dengan menerapkan teknologi Business Intelligence, kita dapat menciptakan sistem pendidikan yang adaptif dan inovatif yang siap menghadapi tantangan masa depan.


Dosen Pengampu:  I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. (tentang dosen)