Roadmap Penelitian Knowledge Data Discovery (KDD): Pattern Recognition dalam Pendidikan (2025–2029)
Pattern Recognition atau pengenalan pola merupakan salah satu bidang penting dalam teknologi modern yang kini mulai diterapkan secara luas dalam dunia pendidikan. Dalam upaya mendukung inovasi di bidang ini, kami mengembangkan roadmap penelitian yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi pattern recognition guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Tahapan Penelitian
Penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap utama: Riset Dasar, Riset Terapan, dan Riset Pengembangan, dengan masing-masing tahap memiliki fokus utama pada setiap tahunnya.
1. Riset Dasar (2025–2026)
Tahap riset dasar bertujuan untuk membangun pemahaman yang mendalam mengenai pola-pola dalam data pendidikan dan mengidentifikasi tantangan awal dalam penerapannya.
Tahun 2025:
- Penelitian akan dimulai dengan eksplorasi pola-pola utama dalam data pendidikan, mencangkup preferensi belajar siswa berdasarkan gaya belajar mereka, pola aktivitas pelajar dalam pembelajaran daring atau luring, serta kinerja pengajar dalam menyampaikan materi dan berinteraksi dengan siswa.
- Pada tahapan ini, model awal akan dikembangkan untuk mengenali pola berdasarkan data yang dikumpulkan, dengan fokus besar pada peningkatan akurasi dan interpretasi.
Tahun 2026:
- Penelitian akan mengidentifikasi tantangan-tantangan utama yang dapat menghambat implementasi teknologi pattern recognition dalam konteks pendidikan.
- Hasil dari tahap ini akan memberikan arahan bagi tahap-tahap penelitian berikutnya.
2. Riset Terapan (2027)
Tahap ini merupakan upaya penerapan langsung hasil riset dasar dalam bentuk prototipe yang dapat diuji di lapangan.
- Pengambangan prototipe aplikasi berbasis pattern recognition dimulai, dengan tujuan untuk mendeteksi dan menganalisis pola belajar siswa serta memanfaatkan data visual (gambar atau video) dari interaksi siswa di ruang kelas maupun platform pembelajaran daring.
- Prototipe ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana menyesuaikan strategi pengajaran mereka.
3. Riset Pengembangan (2028–2029)
Tahap riset pengembangan bertujuan untuk menyempurnakan aplikasi dan teknologi yang telah dikembangkan serta menerapkannya dalam skala yang lebih luas.
Tahun 2028:
- Mengembangkan aplikasi berbasis pattern recognition yang akan diintegrasikan ke dalam sisten pembelajaran adaptif yang mampu menyesuaikan materi berdasarkan kebutuhan masing-masing siswa, selain itu juga dimasukkan ke dalam manajemen pendidikan untuk memberikan wawasan analitik yang lebih luas, membantu melakukan pengambilkan keputusan di tingkat sekolah atau lembaga pendidikan.
- Pada tahp ini, teknologi canggih lainnya juga akan diterapkan untuk mendukung sistem pembelajaran yang lebih komprehensif.
Tahun 2029:
- Penelitian difokuskan pada penerapan teknik lanjutan, seperti Transfer Learning, guna mengurangi kebutuhan akan data pelatihan awal yang besar.
- Integrasi teknologi pattern recognition ke dalam sistem pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dan augmented Reality (AR) akan dilakukan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih realistis dan imersif.
Mari Bersama Mendukung Pendidikan Masa Depan!
Roadmap penelitian ini adalah langkah awal menuju revolusi pendidikan berbasis data di Indonesia. Dengan implementasi teknologi pattern recognition, kita dapat menciptakan sistem pendidikan yang adaptif, inovatif, dan mampu menghadapi tantangan masa depan.
Dosen Pengampu:
Monica Cinthya, M.Kom. (tentang dosen)